Menjadi Penerbang / Pilot

Berikut ini adalah daftar Flying School (FS) yang terdapat di Indonesia. Terdapat juga beberapa FS dari luar negeri yang memiliki siswa-siswa asal Indonesia :

Flying School dalam Negeri :

1. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia
Curug, Tangerang
http://www.stpicurug.ac.id/

1. STP Banyuwangi
Banyuwangi, Jawa Timur

Swasta :
1. Aeroflyer Institute
Komplek Pergudangan Bandara Mas Blok A-10/No.7, Tangerang
http://www.aeroflyerinstitute.co.id

2. Alfa Flying School
Halim Perdanakusumah, Jakarta
http://www.alfaflyingschool.co.id

3. Bali International Flight Academy
Graha Niaga, Jakarta & Buleleng, Bali
http://www.baliflightacademy.com

4. Bandung Pilot Academy
Bandara Husein Sastranegara, Bandung
http://www.bandungpilotacademy.com

5. Deraya Flying School
Halim Perdanakusumah, Jakarta
http://www.deraya.co.id/en/Flying-School/Overview.html

6. Perkasa Pilot School
Bandara Tunggul Wulung, Cilacap
http://www.flyperkasa.com/

7. Lombok Institute of Flight Technology
Selaparang Int’l Airport, Lombok
http://www.liftflightacademy.com/
Facebook

8.Merpati Pilot School
Jalan Angkasa Blok B-15, Jakarta & Surabaya
http://www.merpatitrainingcenter.ac.id

9. National Aviation Management (Sriwijaya Air)
Pangkal Pinang, Bangka Belitung
http://www.nam-flyingschool.com/

10.Nusa Flying International
Halim Perdanakusumah, Jakarta
http://nusaflying.com/

11. Proflight Pilot School
Sunter Agung, Jakarta & Cirebon
http://www.proflight-indonesia.com/

12. Wings Flying School (Beasiswa Lion Air)
Cirebon, Jawa Barat

 

Apa yang Kita Dapat dari Flying School ?

Nah itu dia pertanyaan perangsang pertama kita dapat apa dengan join ke FS?
ya mau jadi pilot lah
Tau bos, tapi pilot yang mana dulu?
Lho memangnya pilot ada banyak macamnya ya?
mmm bukan begitu sih, tapi lebih tepatnya, dengan join ke FS, kita dapet lisensi apa nih?
ow yayayaya jelasin dong  sob

Jadi, lisensi seorang pilot itu ada macam-macamnya. FYI, pada umumnya FS akan memberikan dua jenis lisensi ketika kita lulus, yaitu PPL (private pilot licence) dan atau CPL (commercial pilot licence). Lalu apa perbedaan antara keduanya?

PPL: Private Pilot License. Adalah lisensi pertama yang didapat oleh seorang penerbang. Dengan lisensi ini dia dapat terbang dengan membawa penumpang dengan keterbatasan tidak boleh menerima bayaran. Lisensi ini seperti halnya SIM A bagi pengemudi mobil. Minimum jam terbang untuk mendapatkan PPL adalah 40 sampai 60 jam terbang tergantung peraturan negara tersebut.

CPL: Commercial Pilot License. Lisensi ini didapat setelah mendapatkan PPL. Dengan lisensi ini seorang penerbang dapat menjadi penerbang profesional yang menerima bayaran untuk pekerjaannya sebagai penerbang. Biasanya dibutuhkan sekitar 140 sampai dengan 250 jam terbang untuk mendapatkan lisensi ini tergantung peraturan negara tersebut.

Kalau tujuan kita mau jadi pilot buat hepi-hepi  aja, terbang saat weekend, maka lisensi yang diperlukan hanyalah PPL. tapi kalau tujuan utamanya adalah menjadi pilot profesional dan terbang dengan maskapai, ya harus punya CPL. Ingat, CPL tidak bisa didapatkan tanpa sebelumnya meraih PPL dulu. Ibarat mau masuk SMA, mesti lulus SMP. Selain CPL, FS juga biasanya memberikan lisensi IR (instrumen rating).Ini biasanya satu paket dengan CPL.

Instrument Rating. Rating ini adalah tambahan bagi PPL atau CPL untuk menerbangkan pesawat dengan hanya berorientasikan instrumen. Gunanya untuk terbang dengan jarak pandang yang rendah dan terbang dengan ketinggian yang tidak memungkinkan untuk melihat daratan sebagai acuan. Biasanya seorang penerbang tidak diperkenankan menerbangkan pesawat jet tanpa instrument rating.

Apa Persyaratan Agar Bisa Masuk Flying School ?

Setelah mengetahui daftar FS yang ada, maka pertanyaan berikutnya bagi para calon siswa ialah bagaimana cara mendaftar (enroll) ke FS? Pada umumnya enrollment tiap sekolah bisa jadi berbeda satu sama lain. Tetapi, terdapat garis besar dimana setiap FS memiliki kesamaan persyaratan untuk calon siswanya. Persyaratan utama itu antara lain : Medical Examination (Medex), English Proficiency, terakhir Psikotest dan atau Aptitude Test. Beberapa FS bahkan menambahkan lagi persyaratan lain seperti tes fisik (misalnya di STPI Curug), Tes NBO (misalnya di BIFA), atau bahkan wawancara (di STPI dan BIFA juga). Hal ini adalah normal mengingat persyaratan enrollment adalah hak prerogatif tiap FS.

Namun sebelum dibahas mengenai 3 persyaratan di atas, pastinya tiap FS memiliki persyaratan umum bagi calon siswa. Persyaratan tersebut antara lain :
1. Berusia minimal 17 atau 18 tahun
2. Lulus SMU atau sederajat
3. Tinggi minimal 165 atau 170 bagi lelaki dan 160 bagi perempuan

Untuk latar belakang usia, walaupun tidak dijelaskan batasan maksimumnya, namun beberapa FS seperti STPI dan BIFA memberikan batasan umur maksimal. Jenis kelamin bebas. Latar belakang jurusan ketika SMU biasanya juga bebas. Selama ini setahu TS hanya STPI Curug saja yang mengharuskan calon siswanya dari jurusan IPA. Untuk tinggi badan akan ditentukan ketika Medex. Sejauh ini tidak dijelaskan mengenai batasan berat badan, namun pada umumnya yang diminta adalah ideal, dan ini juga ditentukan ketika Medex.

Panduan menghitung berat badan yang ideal bisa dilihat disini :

http://www.kaskus.us/showpost.php?p=…&postcount=466
http://www.kaskus.us/showpost.php?p=…postcount=1021

Panduan singkat menjadi penerbang bisa dilihat disini :
http://ilmuterbang.com/blog-mainmenu…-sekolah-pilot

Untuk Informasi persyaratan umum calon siswa ini silahkan dikonfirmasi kembali dengan FS masing-masing.

MEDICAL EXAMINATION

Medex merupakan istilah dari tes kesehatan bagi calon siswa penerbang. Walaupun begitu, Medex tidak hanya dikhususkan bagi calon siswa saja, malah medex menjadi rutin bagi para pilot, pramugari/pramugara serta flight engineer/teknisi yang dalam pekerjaanya berhubungan dengan pesawat udara secara langsung. Untuk Indonesia, medex dilaksanakan di Balai Kesehatan Penerbang (Hatpen) di Kemayoran, Jakarta Pusat. Termasuk para warga negara asing berprofesi di atas, baik itu calon siswa di FS Indonesia ataupun bekerja di maskapai Indonesia, sama-sama mesti melaksanakan medex di Hatpen.

Berikut Hal-hal yang diperiksa pada waktu Medex :

Hal- hal yang akan dilakukan ketika medex antara lain :
1. Cek Laboratorium
Meliputi cek darah dan urine untuk mengetahui antara lain kadar kolesterol, asam urat, trigliserida, haemoglobin, dan lain2.

2. Tes Audiometri
Semacam tes pendengaran. simpel saja, hanya ingin mengetahui pendengaran kita msh normal apa engga.

3. Cek Gigi
Cukup jelas. Yang pasti gigi tidak boleh ada yang bolong. Usahakan tambal semua gigi yang bolong. Penggunaan behel/kawat dibolehkan. begitu juga dengan gigi palsu dan gigi ompong juga boleh.

4. Cek Mata
Cukup jelas. Penggunaan kacamata adalah dibolehkan, namun dengan batasan2 tertentu (silahkan konfirmasi dengan FS untuk mengetahui batasan yang dibolehkan, karena masing2 FS bisa jadi menetapkan standar yang berbeda). Mata yang sudah di Lasik (laser) setau TS adalah dibolehkan (namun untuk yang sudah atau akan di Lasik sebaiknya konsultasi dulu dengan FS).

5. Rontgen
Cukup jelas. Hanya rontgen (x-ray) biasa saja. Mungkin tujuannya biar mengetahui kalau ada apa2 dengan paru2.

6. ECG
Semacam tes jantung. Badan akan dipasangi kabel2 lalu kita disuruh tiduran sekitar 15mnt. Beberapa rekan ada yang melakukannya sambil treadmill. Kurang tahu juga maksudnya untuk apa.

7. Cek Fisik
Cukup jelas. buat TS ini termasuk yang paling menegangkan. Bukan apa2, melainkan karena kita akan di examine secara personal oleh seorang dokter, biasanya perempuan dan biasanya cantik selama pemeriksaan berlangsung kita hanya menggunakan celana dalam/boxer saja. Ketika tes fisik kita akan ditanya riwayat pernah mengalami penyakit2 tertentu, pernah kecelakaan sampe menyebabkan patah tulang atau tidak, dan lain2.

8. EEG
Kabarnya EEG ini adalah untuk mengetahui apakah kita mempunyai kelainan otak atau kejiwaan. Jadi kepala kita akan dipasang kabel2 juga mirip ECG, kita juga harus berbaring, mesti rileks, tutup mata tapi jangan sampai ketiduran. Kalau sampai ada posisi yang tidek rileks, bisa2 proses diulang dari awal lagi. Untuk EEG, tidak dilaksanakan di Hatpen, melainkan di Lakespra MT Haryono atau di RDPAD Gatot Subroto. Hatpen akan memberikan surat rekomendasi untuk EEG apabila proses medex yang lain sudah dilewati.

Keseluruhannya, Medex bisa diulang (recheck) apabila ditemukan adanya ketidaksesuaian. Contohnya, TS waktu medex ternyata memiliki kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi, dengan haemoglobin yang rendah. Gigi juga ada 2 yang ditemukan berlubang dan mesti ditambal. Selain itu, pada saat cek mata ternyata TS juga ditemukan memiliki mata yang minus bonus silindris. Dokter di hatpen lalu memberi resep obat yang harus diminum untuk 2 minggu lalu datang kembali. Untuk mata, diharuskan recheck kembali menggunakan kacamata. TS lalu datang skitar 3 minggu berikutnya, Alhamdullah semua test lolos pada saat recheck, keluarlah sertifikat medex 2nd class.

Biaya pada saat Medex adalah sekitar 750rb. untuk EEG mesti membayar lagi sendiri di Lakespra atau RSPAD Gatot Subroto kurang lebih 150rb CMIIW. Untuk recheck hanya diharuskan membayar apa yang di recheck saja. Oiya, kalau lancar, medex bs selesai dalam masa 1 hari. Pagi jam 7-9 tes, siang jam 12 sudah bisa keluar hasilnya, bentuknya sertifikat kecil warna kuning, berlaku selama 12 bulan untuk calon siswa penerbang.

ENGLISH PROFICIENCY

English Proficiency merupakan keharusan kedua buat calon siswa penerbang. Kalau mau simplenya, sebut saja tes bahasa Inggris. Beberapa FS melaksanakan test ini secara internal (misal pada STPI atau BPA), maksudnya, tes diselenggarakan oleh FS itu sendiri. Namun, ada beberapa FS juga yang menyerahkannya ke pihak ketiga, baru hasilnya (sertifikatnya) diserahkan ke FS yang bersangkutan. Contoh kedua ini misalnya pada BIFA dan LIFT, dimana kedua FS ini mewajibkan calon siswanya untuk lulus dalam TOEIC (test of english as international communication). BIFA dan LIFT biasanya menganjurkan calon siswanya untuk test TOEIC di International Test Center. Syarat kelulusan yang diminta antara 600-650. Sertifikat yang dikeluarkan berlaku 2 tahun. Jadi jika calon siswa sudah pernah memiliki sertifikat TOEIC yang masih valid, tidak perlu di tes TOEIC lagi, cukup serahkan sertifikatnya saja.

Kenapa bahasa Inggris wajib buat calon siswa penerbangan? Jawabannya simpel, semua manual dan buku pelajaran penerbangan hampir 100% diterbitkan oleh penerbit luar yang notabene berbahasa Inggris. belum lagi instruktur terbang (FI) di beberapa FS di Indo adalah bule2. Hal yang tidak kalah penting, semua manual dan instrumen pesawat terbang juga dalam bahasa Inggris, dan semua komunikasi dalam dunia penerbangan (contoh : kontek2an dengan ATC-Air Traffic Controller) juga dalam bahasa inggris, walaupun pilot tersebut terbang dalam penerbangan domestik.

Intinya, bahasa Inggris akan menjadi bahasa kedua bagi calon siswa penerbang atau pilot itu sendiri. TS sendiri belum pernah ketemu siswa penerbang atau pilot profesional yang bahasa inggrisnya pletat pletot bahkan untuk pilot2 AURI sekalipun. So kalau agan mau jadi siswa penerbang dan merasa ngga pede dengan bahasa Ingggrisnya, sebaiknya dibenahi dulu. Ingat, bahasa Inggris bukan hanya ketika mau di tes saja, melainkan bahasa wajib dalam dunia penerbangan. Belum lagi kalau rejeki agan bagus, bisa diterima di maskapai asing, tinggal di luar negeri dimana bahasa Indo mungkin jarang agan gunakan lagi.

PSIKOTES / APTITUDE TEST

Psikotes merupakan syarat ketiga buat calon siswa FS. Sifatnya umum, untuk mengetahui kepribadian calon siswa. Soal2nya kurang lebih sama seperti tes CPNS pada umumnya. Buku2 tentang psikotes juga banyak dijual di luaran. Kalau istilah Psikotes biasanya untuk mengetahui kepribadian secara umum, maka istilah Aptitude test biasanya untuk mengetahui bakat seseorang. dalam hal ini ialah bakat terbang dan apakah siswa tersebut cocok untuk menjadi penerbang atau tidak.

Pada beberapa FS test psikotes/aptitude ini dimodifikasi, jadi tidak murni psikotes saja melainkan digabungkan dengan tes2 lainnya untuk mengetahui apakah pribadi dan karakter kita cocok atau tidak untuk menjadi penerbang. Misal, pada BIFA, tes ini dinamakan E-Profilling. Isinya tidak hanya psikotes, tetapi ada juga ada tes matematika, fisika, bahasa inggris, pemahaman teknik, instrumen visual, bahkan tes monitoring and instrument coordination ala main Flight Simulator. Kalau siswa lulus di E-Pro, dilanjutkan dengan tes NBO. Penjelasannya bisa dilihat disini. Sementara penjelasan tentang NBO di BIFA bisa dilihat dilihat disini.

Contoh lain misalnya di BPA, psikotes dan aptitude tes diselenggarakan dalam bagian yang berbeda. Sementara di LIFT, psikotes ini dinamakan VTS test. Penjelasan tentang VTS bisa dilihat disini

Biaya Sekolah Pilot

Pertanyaan ini boleh jadi merupakan pertanyaan pertama buat calon siswa penerbang, bahkan sebelum siswa mengetahui syarat2 masuknya. Untuk diketahui, biaya FS di Indonesia berkisar antara 500-600 juta rupiah, atau setara dengan 55.00-65.000 USD. Hanya di STPI Curug yang biaya sampai lulus tidak melewati 60 juta rupiah. Maklum, STPI adalah akademi milik pemerintah dan bersubsidi. Untuk ukuran pembiayaan sebuah FS, harga di Indonesia ini bisa dikategorikan agak mahal. FS di Amerika atau Filipina misalnya (yang menjadi favorit siswa Indonesia di luar negeri), hanya berkisar antara 35.000-45.000 USD.

Untuk standar Indonesia, harga tersebut biasanya sudah termasuk biaya hidup, yang dalam hal ini siswa biasanya ditempatkan di mess khusus dengan fasilitas lengkap termasuk makan. Pastikan fasilitas apa saja yang akan agan dapatkan dengan harga yang ditawarkan tersebut. Walaupun begitu, persiapkan juga “dana taktis” sebab biasanya ada saja pengeluaran yang tidak terduga.

Kok Mahal Banget ? Ada Pinjaman Gak ?

Yup, biaya yang mahal membuat calon siswa jadi mundur teratur ketika terpikir mau jadi pilot. Sebetulnya ada ngga sih FS yang memberi beasiswa? Jawabannya ada. Misalnya Batavia air, melalui Aeroflyer, membuka beasiswa 1 tahun 1x. STPI Curug juga menawarkan beasiswa. Kemudian Lion air melalui WFS juga memberikan beasiswa 80%, sementara 20% nya bayar pribadi. Silahkan cek di website masing2 maskapai atau FSnya untuk mengetahui lebih lanjut tentang beasiswa yang ditawarkan.

Selain model beasiswa, beberapa FS juga menawarkan model pinjaman Bank atau Loan. Jadi, ibaratnya kita bayar sendiri biaya FS sebesar 50-60%, baru sisanya dibayarkan oleh Bank. Kelak apabila kita sudah bekerja sebagai pilot, pelunasan hutang ini dibayar melalui sistem pemotongan gaji. Beberapa FS yang memiliki sistem Loan ini antara lain BIFA, BPA dan NAM. Sekali lagi, silahkan dikonfirm kembali dengan FS masing2 mengenai Loan ini.

Sumber : http://www.kaskus.us / TS Akun : sekbang

196 pemikiran pada “Menjadi Penerbang / Pilot

      • Kapten, klo misal anak sy sekolah di AAA Academy, mau gabung di Garuda Indonesia Airlines sulit gak ? Anak sy skrg umurnya 18 tahun, klo pendidikan di AAA Academy ditempuh krg lebih 1 tahun, apa bisa langsung nglamar jadi ground flight /

      • Hi Novi.. :)
        Perlu diketahui Novi, bahwa sekolah pilot yang tidak menjalin kerjasama dengan maskapai tidak ada jaminan bahwa student / siswa tersebut dapat langsung dipastikan bekerja di maskapai. Jika ditanya sulit atau tidaknya jika ingin gabung di Garuda Indonesia jawabannya adalah tergantung dari kemampuan siswa itu sendiri apakah mampu lulus mengikuti serangkaian test dari pihak maskapai.

        Terimakasih. Semoga bisa membantu yaa Novi.
        Salam Sukses

  1. kapten timakasih atas semuanya…
    semoga saya bisa sperti anda… saya termotivasi sama ka Alam, knpa ka’ Alam bisa menjadi pecinta dunia penerbanga… oleh karna itu saya juga harus bisa seperti ka’ Alamsyah Aviano insya Allah amiiiin……

    • wah..kalau itu saya kurang tau mas .. tapi silahkan coba deh datangi kantor pemerintah mas karma setempat. siapa tau ada peluang,. :D
      suksesss

  2. Halo mas alam,saya mau nanya nih.saat ini saya berumur 37 thn & sudah berkeluarga.setelah sekian lama baru sekarang uang saya terkumpul untuk sekolah pilot
    Menurut mas alam worthed ga ya kalo saya sekolah untuk menjadi pilot?…kemudian yg paling bikin saya ragu,saya memiliki tatto di badan saya,bermasalah ga ya untuk menjadi pilot.walaupun ada teman saya yg sudah lulus dari BIFA & sedang training di garuda,jg memiliki tatto.
    Mohon jawaban & pencerahannya,terima kasih banyak.

  3. Dear Mas Alam,

    wah bagus banget isi blognya.
    Oh iya Mas, sekalian mau share sekolah pilot disini boleh ya..
    Sekarang Sekolah Pilot All Asia Aviation Academy buka kantor d Jakarta.
    Kunjungi blog kami untuk informasi lebih detail ya…
    sekolahpilotaaa.wordpress.com
    dan juga tolong di LIKE company page kami di :

    http://www.facebook.com/SekolahPilotAAA

    Terima kasih banyak Mas Alam, sukses selalu ya…

    • dicoba saja mass… kalau boleh kirim CV anda ke email saya.. kebetulan saya ada link pengusaha yang mau bangun maskpai charter lohh… :D
      salam suksess

  4. mas saya sekolah dari stpi tapi bukan jurusan pilot,saya juga sudah banyak tau tentang ilmu penerbangan apa lagi yang terkait jurusan saya..
    tapi saya sma nya dulu IPS.

    apa bisa masuk nusa?
    batasannya umur brp mas?

    • Masuk Nusa ? Nusa apa mas ? Nusa Kambangan.. ? hehehehe|
      untuk batasan umur masing masing flying school punya aturan sendiri.. coba di telfon langsung saja kntornya..

  5. hey mas alam,,slm knal dlu deh dari saya,,saya arie 23thn dri lombok,saya SMA jur, BAHASA 2007. dri dulu saya pgen bgt msuk diflying school,,udah cba diSTPI umur nmntok dan harus IPA,,saya mw nyak flying school mana aj yg msh nrima taruna diats 23 thn mas,,diinfo ya?? kpan2 maen kelombok..

  6. Saya mau daftar sekolah pilot, tapi saya ada kecelakaan satu gigi depan saya patah setengah, apakah dengan posisi gigi palsu saya masih bisa jadi pilot menurut kespen ?

    Thanks.

  7. Opening the New Class for March. BIFA/Bali International Flight Academy.Bifa is Leading Provider Pilot School sponsored by Garuda Indonesia,Citilink,Air Asia & CIMB Niaga.main office in
    south of Jakarta, Campus in Bali Buleleng Indonesia detail info herry at ☎ 085717240495-085291043470-087780451974

  8. BIFA is leading provider pilot training in asia sponsored by Garuda Indonesia, Citilink and Air Asia. Detail and info herry 085717240495 / 085291043470 / 087780451974

  9. horas bang…..

    bang alamsyah…. aku mau tanya ne bang….. kalo dari stm bisa ga bang….. kalo untuk tahun 2013 bulan berapa ya bang pendaftarannya…… kalo untuk batasan umur maksimal berpa bang?….. umur aku skrg ga muda lagi 29 tahun…… maslah biaya jg walaupun bersubsidi masih mahal….

    mohon infonya bang alamsyah

    jefry

    • hallooo jefry.. maaf yee baru sempat balas.. :D
      STM ?? Jurusan apa ? setau saya yg rata-rata flying school bisa terima.. dari keluaran automotive, mesin, listrik, komputer dan penerbangan,..(setau saya looohh) hemm masalah umur maximal.. salah satu sekolah swasta ada yg sampai 26 tahun…
      suksess yaaa…. ;)

  10. kapten, saya ingin menjadi pilot, menurut pengalaman yang anda lalui, langkah apa saja yang menurut anda harus saya lakukan, dan untuk perkembangan sekarang kemana menurut anda saya direkomendasikan untuk FS? terimakasih

    • ;) langkah apa sja yang harus anda laluii ? jawabannya simple kok.. pantang menyerah, tetap semangat dan yang pasti berdoa dan mintalah petunjuk sama sang Pencipta.. semoga suksess yaa…. upss… minta rekomendasi yaa.. ?? wah .. kalo rekomendasi semua flying school menurut saya rekomendasi kok. sisa kamunya aja yang memilih mana yang paling ‘pas’..

    • hemm… ada beberapa sih. coba deh telp/datangi langsung kantor flying school.. tapi yang pasti itu adalah BIFA yang kerjasama sama maskapai Citilink.. ;)

  11. Salam Terbang,
    Mas mau nanya tentang sekolah pilot di luar negeri, misal di filipina,
    bagaimana kredibilitas sekolah disana dalam arti kata apakah lulusan dari sana sudah diakui untuk bekerja di airline indonesia?
    Terimakasih

  12. Salut buat mas Alam..info yg sngat bagus bermanfaat sekali buat sy..kebetulan anak sy pengn sekali mnjdi pilot….sukses buat mas Alam…

    • postingan saya copy-paste kok bu. tujuannya untuk menyebarluaskan saja info-info tersebut tanpa menghilangkan sumbernya.

      semoga tergapai cita-citanya. amiiinn

      • kapten, AAA Academy Filipina dibawah lisensi Dephub Indonesia ? trs mau stlh lulus lsg direkrut oleh maskapai setempat (dikontrak Filipina) atau dilepas trs nglamar sana sini sendiri ?

      • Hi Novi. :)
        Tidak Bu Novi. Sekolah Pilot yang berada di luar negeri sudah sangat jelas bahwa bukan lagi kewenangan pemerintah Indonesia. saya tidak bisa menjamin ibu novi bahwa AAA Academy Filipina memiliki ikatan kontrak dengan maskapai Filipina. coba ditanyakan lagi dengan pihak sekolahnya. Apakah Siswa memiliki ikatan kontrak/dinas dengan maskapai yang ada di Filipina. Jika IYA berarti secara otomatis setelah lulus dari sekolah tersebut langsung bekerja di maskapai yang terikat kontrak dengan student tersebut.

        Beda dengan tidak adanya jaminan bekerja. maka student / siswa tersebut harus melamar sendiri ke maskapai-maskapai. Namun, perlu diketahui karena student/siswa yang berlisensi Sekolah Pilot luar negeri dan ingin bekerja menjadi pilot di Indonesia maka dia harus meng-Endorsement Licence yang dimilikinya agar berlaku di Indonesia. dan Biaya Endorsement Licence ini kurang lebih 20-40 Jutaan. Ibu Novi juga harus tanyakan tentang masalah ini Apakah biaya sekolah mencakup Endorsement Licence Indonesia atau tidak. :)

        Semoga Jawaban Bisa Membantu.
        Salam Sukses

  13. mas Alam, untuk biaya jadi pilot hingga lulus yang tidak lebih dari 60 juta untuk di STPI, itu sudah termasuk biaya ujian dll untuk memenuhi jam terbang sebagai syarat pilot komersial atau belum ya?

    • Mas,,, saya stahun lg akan lu”s SMA nie,,, rencananya saya akan daftar di STPI,,, tp kta guru saya ijazahnya skitar bln agustus kluar sdangkan pndaftaran saya baca di interner skitar bln april,,, itu gmn mas???

  14. mas, saya pernah ditindik pada waktu smp. sekarang umur saya 20th. apakah di stpi curug diperbolehkan jika ada bekas tindikan di kuping? saya sudah tidak pernah pakai lagi semenjak lulus smp. mohon dibalas. thanks

  15. untuk terbang crosscountry nam flyingschool bersama instruktur terbang imam mahendra hanya muterin daratan kecil tidak pernah landing alasan kepala sekolah bpk soenaryo tidak ada security clearence jadi untuk transisi single engine “loncat” ke boeing kualitas pilotnya ? dapat membahayakan penumpang ? solusinya untuk keselamatan dan keamanan serta kenyamanan masyarakat pengguna jasa penerbangan sebaiknya diganti kepala sekolahnya dan diaudit instrukturnya oleh pihak-pihak yang berwenang untuk kebaikan masa depan pilot dan penumpang di Indonesia

    • Halo Pak Imam . maaf baru sempat reply., jika memang anda berkebaratan akan hal ini bisa dilaporkan secara resmi ke dinas terkait. terimakasih

  16. pengen sekolah pilot sampek ppl aja,tp saya seorang teknisi pesawat suatu maskapai,gmana ya??apa ada untuk masuk tiap sabtu minggu atau terbang diganti malam,,mohon infonya,,terimakasih

      • Halo Muhammad Pannji, lulusan IPS bisa kok. silahkan explore ke beberapa link flying school diatas. kalau bahasa inggris ya saya rasa hanya kendala malas saja jika berantakan. :)
        salam sukses ya

    • Halo Hasbi, jurusan IPS bisa kok, ada beberapa flying school di Indonesia yang menerima lulusan IPS. kalau bahasa Inggris berantakan dimantapkan saja dulu sebelum mendaftar flying school karena bahasa inggris merupakan bahasa yang digunakan dalam dunia penerbangan.
      salam sukses :)

      • makasih atas sarannya capt..
        saya jadi semangat, lulusan IPS ternyata juga bisa menjadi seorang penerbang..
        semoga apa yang saya cita2kan selama ini bisa tercapai…
        makasih sekali lagi..

        salam sukses :D

  17. Mas alamsyah makasih atas informasinya :D saya Rifki boleh mita nomer handphonenya mas untuk tanya lebih lanjut? tolong dibantu dong mas :)

    • Halo Simon, umur disaat dia lulus dari flying school tersebut. :) di Indonesia rata-rata persyaratan umur untuk menjadi student pilot adalah min. 17 thn. Untuk maks umur masing-masing flying school mempunyai kebijakan berbeda-beda, silahkan tanyakan langsung jika ingin jelas.
      salam sukses yaa :)

    • Halo Anto. siapa bilang harus pintar IPA?biologi atau fisika ? intinya banyak belajar saja terutama di hitung-hitungan dan permantap bahasa inggris.
      salam sukses

    • Halo Mulviawan, info beasiswa dan student loan ini berbeda, kalo mau flying school yang disubsidi oleh pemerintah adalah STPI Curug dan ATKP Surabaya.
      terimakasih dan salam sukses

  18. mas, nama saya Andi, salam kenal mas, kalo dari SMP bisa gak langsung ke smk penerbangan? atau harus wajib masuk sma ngambil jurusan ipa?

  19. Haloo mas Alam,,
    Mas umur saya 22 thun, Fresh Graduate FE UI, pengen bnting stir jd pilot bisa ga mas ya ? pengennya di BIFA (only BIFA ),
    trus btuh jam terbang brapa untuk bisa mnjadi copilot pswat kmersil ?
    + punya tips mmbujuk orng tua gag ? cz mama q selalu melarang q untuk pgen jd pilot ( masalah utama )
    gara2 kseringan liburan krumah nenek di Banyuwangi pkek wing’s air, sring lihat cadet BIFA latihan di airport Bnwangi,jdi ngebet bget pgen jdi pilot nih,

    • Halo Aldi. bisa saja, menjadi seorang pilot secara global tidak musti harus dari background pendidikan tertentu. mau dari hukum, kedokteran bahkan tekhnik bisa kok, pengennya di BIFA ? hanya BIFA? jawabannya adalah bersungguh-sungguhlah dalam menyiapkan segala sesuatunya termasuk pada persyaratan dari BIFA itu sendiri dan yang paling penting kondisi financial anda.

      salam sukses

  20. Nama saya Eko Purnomo Aji. Saya berasal dari Kota Prabumulih, Sumatra Selatan. Saat ini saya berumur 17 tahun dan saya sedang duduk di kelas 2 SMA. Saya bersekolah di SMA NEGERI 2 Prabumulih, yang juga termasuk sekolah terfavorit di kota Prabumulih. Saya sekolah di Jurusan IPA. Saya mempunyai keinginan besar untuk menjadi pilot. Tolong mas berikan saya arahan dan petunjuk untuk membantu saya mewujudkan cita-cita saya.
    Terima kasih mas sebelumnya.

  21. Assalamualaikum wr.wb
    salam kenal mas. . .
    Nama saya Eko Purnomo Aji. Saya tinggal di Prabumulih, Sumatra Selatan. Saya berusia 17 tahun. Saat ini saya duduk di kelas 2 SMA. Saya bersekolah di SMA NEGERI 2 Prabumulih, yang juga merupakan sekolah berstandar terbaik di Kota Prabumulih. Saya sedang belajar di jurusan IPA. Saya mempunyai cita-cita menjadi seorang pilot. Tolong mas kasih saya arahan dan petunjuk untuk menjadi seorang pilot ?
    Terima kasih mas sebelumnya !

  22. nice info mas.. :)
    Sy lulus sma tahun ini, dan brncna melanjutkan ke stpi curug jurusan pnerbang,tp trhalang biaya yg mahal. Kemampuan org tua sy d bwh 100 jt hingga lulus, apakah benar di stpi biaya hingga lulus tdk lebih dari 60 jt?
    Mohon penjelasannya mas d email : yogaramadhani38@yahoo.co.id

    • Halo Yoga. saya ucapkan selamat atas kelulusannya.. :) untuk info ke STPI Curug tentang segala sesuatunya silhkan telpon langsung saja yaa..
      terimakasih & salam sukses

  23. Salam kenal Mas. Nama saya Arief sy masih SMA kelas 12 Jurusan IPA, sy ingin menlanjutkan studi di BIFA. Insyallah bulan Desember. Boleh minta saran dan masukan mas apa saja yang harus saya persiapkan untuk menjalani test di BIFA sampai memegan SPL dan tinggi saya masih 168 cm apakah itu menjadi masalah mas? Mohon Jawaban dan penjelasannya di email sy mas :muhammadarief_27@yahoo.co.id Terima Kasih

    • Halo Muhammad Arief. secara standar test masuk di flying school artikel diatas sebenarnya sudah cukup membantu. nanti saya posting tentang serangkaian test di BIFA. terimakasih dan ditunggu yaa postingannya..

      Good Luck ;)

    • Halo E.J.A / Aisyah. wah. saya sangat support jika memang ingin menjadi seorang pilot. mulai dari skarang tekunlah belajar untuk menggapai cita-cita kamu itu. sukses yaa

  24. Selamat siang mas ..

    Sy abdul . Sy pengen masuk aaa flying school tp mata kiri sy ada silinder 1.75 ..
    Kira” bisa masuk ga yah ?!

    Makasih

  25. mau tanya kalo sekolah pilot di indonesia sm di flipina bagusan mana yah? apa lebih cepat sekolah di flipina? terima kasih sebelumnya

    • Hi. Yoga.. :)
      Saya tidak bekerja di maskapai manapun. Jika ditanya perbedaan. tentunya ada banyak perbedaan antara FS Milik Pemerintah dan FS Swasta. salah satunya adalah FS milik pemerintah memiliki subsidi biaya pendidikan. sehingga student tidak terlalu terbebani dengan biaya yang besar.

      Semoga membantu yaa

    • Hi Nurul.. :)
      Masalah peluang itu sama saja tidak ada yang berbeda antara Laki-Laki dan Wanita. Karena peluang LULUS itu tergantung dari bagaimana kemampuannya.

      Ada beberapa Flying School di Indonesia yang telah bekerjasama dengan maskapai sehingga begitu dinyatakan lulus langsung bekerja dimaskapai tersebut. Namun, perlu diketahui seleksinya lebih ketat. Berbeda dengan sekolah yang tidak memiliki ikatan dinas/kontrak dari maskapai. seketika lulus maka harus mengajukan lamaran lagi ke maskapai-maskapai.

      Semoga jawabannya membantu yaa.
      Terimakasih dan Salam Suksess ;)

  26. assalamuallaikum,salam kenal kak alam. Aku cewek sekolah di smk penerbangan. cita2 ak jadi pilot pesawat tempur,kan harus masuk Tni dulu tapi tni udah nggk nerima lulusan smk!.kalo misalnya sekolah di stpi tapi ak lulusan teknik mesin pesawat bisa nggk ya? Ato sekolah pilot bisa jdi pilot pesawat tempur! Bukan komersil?? Hehe

    • Hi Rustiyani…

      Di STPI Curug tidak ada jurusan untuk menjadi pilot pesawat tempur. yang tersedia hanya fixed wing (sayap tetap) dan rotary wing (sayap putar). Dan belum pernah ada Flying School yang menyediakan lulusannya menjadi penerbang pesawat tempur karena hal yang demikian hanya tersedia pada TNI.

      Good Luck !

  27. capt. saya mau nanya

    klo d penerbangan it, umur 31-32 apakah masih ad yg mau terima jd kopilot?
    coz ikut pendidikan nya saat umur 29.
    sy pernah d kasi tau matanya klo usah naik 30an itu udah susah buat ngelamar k maskapai…

    • Hi Muhammad..

      Itu tergantung dari FS tempat kamu melaksanakan pendidikan, apakah bekerja sama dengan maskapai atau tidak. Jika tidak maka kamu harus memasukkan berkas lamaran kerja kamu ke maskapai-maskapai yang kamu inginkan. semoga jawabannya membantu.

      Good Luck !

    • Halo Ratna

      Silahkan tambal giginya dulu kalau bolong. Untuk di STPI memang sangat ketat persyaratannya karena di subsidi oleh pemerintah. :)

  28. kak, saya juga mau tanya. untuk mendaftar di STPI, apakah kaki dari mulai paha sampai telapak kaki harus panjang 100 cm.

    • Halo Toni.

      Untuk menjadi pilot pesawat tempur, kamu harus berada di Kesatuan TNI. baik AD, AL maupun AU. :)

      Selamat berjuang.

  29. Sukses bwat blog nya Alamsyah Aviano. Dalam CASR gak ada yg mengatur hanya lulusan IPA yg boleh jd pilot. Berumur 17 thn dan graduated high school. Kalau ada yg menetapkan lulusan ipa. Biasanya TNI AU dan penerbang AL maupun AD. Serta school pilot yg berbiaya murah seperti STPI. Kalau di luar negri semua mengacu pada peraturan CASR atau EASA dan CASA australia authority.

  30. om saya mau bertanya.
    klo di stpi curug, untuk bisa lulus di penerbangan sayap tetap, butuh berapa tahun ? klo abang sendiri brp tahun ni ?
    oh iya, saya punya 1 gigi ompong, dan mau di tambal.
    ketika di tes kesehatan gigi, itu gigi dinyatakan bermasalah atau bisa lulus, ketika di tes gigi nya ?

  31. capt saya mau tanya sekolah pilot yang menjalin kerjasama dengan maskapai yg bisa untuk jurusan ips apa ya? terima kasih sebelumnya

  32. setelah lulus apa yang harus saya lakukan. saya sudah lulus dari salah satu sekolah penerbangan di atas tetapi info pekerjaan tidak semudah yang saya pikirkan.
    apa yang harus saya lakukan?

    • Hi Imam, sy mengerti bagaimana kesulitan dan kegelisahan hati kamu saat ini dalam mencari dan mendapatkan pekerjaan yg kamu ingini.

      Saran saya, tetap semangat dan jangan prnah menyerah! masukkan CV kamu ke berbagai maskapai baik yg berjadwal maupun tdk berjadwal.

Tinggalkan Komentar Anda !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s